icon-search
icon-search

Sakit Senggugut kadang-kadang sampai boleh pengsan!?

Sakit Senggugut kadang-kadang sampai boleh pengsan!?

*Sakit Senggugut Kadang Sampai Pengsan?*

Dalam istilah perubatan, kesakitan pada perut yang terjadi saat haid disebut sebagai premenstrual dysphoric disorder atau bahasa awamnya, senggugut.

Rasa sakit ini bervariasi antara idividu. Ada yang sakit sedang sampai berat bahkan kadang penderitanya tidak boleh melakukan aktiviti harian.

Senggugut ada dua jenis, iaitu *Senggugut Primer* (tidak ditemukan penyebabnya) dan *Senggugut Sekunder* (terdapat penyebab berupa kecacatan pada rahim). Lebih dari 50% wanita pernah mengalami senggugut primer dan 15% diantaranya mengalami sakit senggugut yang hebat.

Biasanya senggugut primer timbul pada masa remaja, iaitu sekitar 2-3 tahun setelah kitaran haid pertama. Rasa sakit pada senggugut primer diduga berasal dari pengecutan rahim yang dirangsang oleh prostaglandin. Rasa sakit dirasakan semakin hebat ketika bekuan atau potongan jaringan dari lapisan rahim melalui serviks (leher rahim), terutama jika saluran serviksnya sempit.

*Faktor lain yang memperburuk senggugut adalah:*

1. Rahim yang menghadap ke belakang (retroversi)
2. Kurang beriadah
3. Stres secara psikologi atau stres sosial

*SEGERA MENIKAH*

Salah satu solusi Islami penderita senggugut primer adalah dengan segera menikah dan kemudian hamil. Diharapkan dengan menikah, kemudian melakukan hubungan suami isteri, dan mengalami orgasme akan mengurangi ketegangan pada rahim sehingga senggugut akan berkurang. Kehamilan juga dapat mengurangi senggugut, yang diduga terjadi kerana hilangnya sebagian saraf pada akhir kehamilan.

Senggugut primer biasanya akan berkurang dengan bertambahnya umur.

Senggugut sekunder pula lebih jarang ditemukan dan terjadi pada 25% wanita yang mengalami senggugut.

Penyebab dari senggugut sekunder adalah:

• Endometriosis
• Fibroid
• Adenomiosis
• Peradangan fallopian tube
• Perlekatan abnormal antara organ di dalam perut.
• Pemakaian alat kontrasepsi seperti IUD.

Senggugut sekunder seringkali mula timbul pada umur 20 tahun. Untuk mengetahui penyebab senggugut ini maka sebaiknya melakukan pemeriksaan ke doktor pakar sakit puan anda.

Jika doktor mengesahkan tidak ada masalah terhadap rahim, maka menikah merupakan solusi yang sangat tepat. Tetapi jika terdapat kecacatan di rahim, maka ada cukup waktu untuk mengubatinya, dan dengan menikah insyallah pengubatan akan lebih cepat mendapatkan hasil yang diinginkan.

Kemudian jika ada masalah kekurangan darah atau ingin mengurangi rasa sakit, sebaiknya rutinkan minum Madu asli herba seperti madu Bee Pollen sukatan 2 sudu besar 3 kali sehari setiap kali sebelum makan dan memperbanyak sayuran hijau, kurma serta consume telur, terutama 2- 3 hari menjelang haid sampai 4 hari haid. Rajin-rajin lah beriadah, hindari makan makanan yang trigger masalah perut seperti cili, santan, mi segera, dan hindari stres dengan mengerjakan amal ibadah.

Bee Pollen berasal dari kata Bee (lebah) dan Pollen (serbuk sari bunga jantan), jadi Bee Pollen bermaksud Serbuk Sari Bunga Jantan yang diambil oleh lebah dan digunakan sebagai makanan utama dari seluruh koloni lebah madu.

Dalam review artikel *_"Bee Pollen: Chemical Composition and Therapeutic Application"_* yang diterbitkan pada tahun 2015, menyebutkan bee pollen mampu bekerja menurunkan tahap pro-inflamatori prostaglandin dan memberikan kesan anti-radang, menghilangkan rasa sakit setempat, dan menghalang agregasi platelet.

Wallahu a'lam bis shawab. Semoga bermanfaat.

Siri Artikel Perubatan Assyifa Health 2016 ©


kurangkan masalah senggugut bersama madu asli herba seperti madu bee pollen

masalah senggugut dengan madu asli

sumber madu asli tualang di hutan



Older post

Your cart is currently empty.
Continue shopping